Tidak harus menunggu kaya untuk investasi

Tidak harus menunggu kaya untuk investasi            Kebanyakan orang tidak tertarik berinvestasi karena di pandangan orang bahwa berinvestasi harus memiliki modal yang besar, alasan lainnya ialah kurangnya literasi mengenai berinvestasi. Nah untuk poin yang pertama ini menggiring opini masyarakat bahwa investasi harus menunggu kaya dulu. So anggapan tersebut tidaklah benar, karena berinvestasi lebih baik dimulai tidak harus dengan modal yang besar dan menunggu kaya.

            Untuk kalian yang masih muda tidak salahnya berinvestasi sejak dini, apalagi yang sudah memiliki pekerjaan. Penghasilan pertama kalian bisa tuh sebagai modal investasi kalian. Umur masih muda adalah pilihan yang tepat untuk berinvestasi. mengapa? Karena kebutuhan kalian belum terlalu banyak, so kalian bisa pakai uang bulanan kalian untuk berinvestasi. contohnya kalian sisihkan 100-200ribu per bulan, uang segitu tidak lebih mahal daripada kalian nongkrong di cafe, tidak lebih mahal dari kuota internet kalian dan tidak lebih mahal dari jajanan kalian. Jadi berinvestasi tidak harus kaya dulu bukan?

            Selama kalian punya tekad dalam berinvestasi, kalian perlu menghemat biaya hidup kalian. Belilah keperluan sesuai apa yang dibutuhkan saja. Misal kalian ingin membeli sepatu baru namun sepatu lama kalian masih bisa digunakan, sebaiknya kalian menahan dulu dalam membeli sepatu baru kalian. Hal ini sangat penting bagi kalian yang ingin berinvestasi

Selanjutnya kalian perlu memiliki pemikiran yang positif untuk berinvestasi dan mulailah kalian menghilangkan pemikiran-pemikiran negatif. Karena energi rezeki akan datang pada orang yang memiliki pemikiran positif. Karena pemikiran yang positif akan membawa pada perbuatan yang positif juga. Selain berpikiran positif dalam hal berinvestasi kalian juga harus berinovasi, kalian tidak boleh monoton dan tidak berpikiran dinamis.

            Dalam berinvestasi juga kalian harus memilih investasi baik yang kalian sukai dan minati. Kenapa ? karena dalam berinvestasi kalian harus menjalankannya dengan sepenuh hati. Hindarilah berinvestasi dengan yang tidak kalian sukai karena akan berdampak buruk pada kalian. Hasilnya kalian tidak akan serius dalam berinvestasi dan akan mengalami kerugian .

Nah Salah satu contoh berinvestasi yang bisa dimulai sejak dini ialah berinvestasi saham. Pada masa sekarang berinvestasi dengan saham sangat terjangkau tidak membutuhkan dana puluhan juta rupiah lagi seperti dulu. Sehingga masyarakat yang berpenghasilan kecil dan bermodal kecil bisa berinvestasi dengan saham. Berinvestasi dengan saham idealnya dilakukan dari hasil pekerjaan, namun tidak semua hasil pekerjaan diinvestasikan. Kalian bisa berinvestasi dengan hasil pekerjaan kalian sebesar 10-20% dari penghasilan kalian.

            Pada saat ini banyak sekali alternatif investasi yang berbasis online dan aplikasi salah satunya ialah Amartha.com. sebuah layanan peer to peer (P2P) lending yang mempertemukan antara pendanaan dengan pinjaman melalui teknologi. Amartha.com menawarkan alternatif dan juga opsi berinvestasi melalui pendanaan online dan juga aplikasi. Dengan jumlah modal pendanaan dimulai dari 3juta, pendana akan mendapatkan keuntungan yang menarik. Amartha.com telah bekerja sama dengan perusahaan pinjaman kredit jamkrindo dan asuransi jiwa untuk mitra dan juga telah terdaftar serta diawasi oleh pemerintah melalui otoritas jasa keuangan. Amartha.com menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.

            Nah jadi asumsi mengenai kaya dulu baru berinvestasi adalah salah besar, jaman sekarang ada banyak cara dan jalan untuk berinvestasi asal ada tekad dan niat dari kalian. Karena berinvestasi itu untuk menjadi kaya bukan setelah kaya baru berinvestasi. kalau tidak sekarang kapan lagi, kesuksesan tidak datang dengan sendirinya maka kejarlah kesuksesan dengan cara berinvestasi.

Updated: January 26, 2020 — 11:06 am