Resep 9 Bulan Jitu Penambah Berat Badan Bayi

Resep 9 Bulan Jitu Penambah Berat Badan BayiMakanan pendamping asi atau biasa dikenal dengan istilah mpasi adalah makanan yang membantu bayi untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dimiliki. Setelah dilahirkan di dunia, bayi mendapatkan asupan nutrisi dari air susu ibu atau asi. Bayi meminum asi untuk memenuhi gizi yang dimiliki karena organ pencernaan yang dimiliki belum terbentuk secara sempurna. Bila dipaksa untuk mengonsumsi makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa, dikhawatirkan organ dalam bayi justru akan terganggu. Diperlukan latihan secara bertahap terlebih dahulu agar semua anggota badan bayi siap menjalani rutinitas yang sama dengan orang lain. salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan mpasi. Mulai dari mpasi di tahap awal, mpasi 9 bulan sebagai fase pertengahan, hingga mpasi lanjutan memiliki menu makanannya masing-masing.

Salah satu kebingungan yang dimiliki oleh orang tua adalah menentukan makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi oleh sang buah hati ketika berusia 9 bulan. Orang tua perlu memikirkan banyak menu setiap harinya agar asupan nutrisi bayi tidak terganggu. Salah satu ciri mpasi 9 bulan adalah tekstur makanannya yang sudah menyerupai makanan yang dikonsumsi oleh orang dewasa, tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Frekuensi makanan utama yang dimiliki oleh bayi dengan umur 9 bulan bisa sebanyak 3 atau sampai 4 kali.

Permasalahan mengenai menu apa yang akan disajikan dan dijadikan santapan oleh bayi bukanlah satu permasalahan yang besar. Permasalahan lain yang mungkin dihadapi oleh para orang tua adalah bila berat badan yang dimiliki bayi tidak sesuai dengan standar yang dimiliki, atau bisa dibilang berat badan bayi lebih ringan atau lebih berat dari batas normal. Di bawah ini akan dijelaskan menu apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh bayi anda bila bayi membutuhkan asupan nutrisi yang bisa membuat berat badan menjadi bertambah.

  1. Bubur Telur Sayur

Telur dan sayur merupakan kombinasi makanan dasar yang sangat penting bagi pemenuhan gizi sang bayi. Hal itu dikarenakan banyaknya kandungan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh dan kembang anak. Cara membuat menu bubur telur sayur pun cukup mudah. Pertama, siapkan bahan yang dibutuhkan, yaitu: 20 gram daging ayam, wortel, kentang dan tomat, 1 sendok teh margarin, 1 kuning telur, 2 sendok makan tepung maizena. Selanjutnya, potong daging yang telah disiapkan seukuran dadu keci, kemudian rebus daging tersebut hingga memiliki tekstur yang lunak.

Campurkan daging yang telah lunak dengan wortel, kentang dan tomat. Sebelum mencampurkan, jangan lupa untuk memarut kentang dan memotong wortel serta tomat dalam ukuran yang kecil. Setelah itu, campurkan kuning telur, margarin dan tepung maizena menjadi satu. Selanjutnya, ketika semua bahan sudah tercampur, hancurkan semua bahan menggunakan blender agar mendapat tekstur makanan sesuai dengan keinginan.

  1. Bubur sari sayur

Cara yang diperlukan untuk membuat bubur sari sayur sangatlah mudah. Sebelum menghancurkan semua bahan menjadi bentuk bubur dengan menggunakan blender, anda perlu menyiapkan bahan-bahan berupa: 25 gram kacang merah dan wortel, air dan daun bayam sesuai dengan kebutuhan. Lunakkan kacang merah yang telah tersedia hingga memiliki tekstur yang diinginkan. Setelah itu, potong wortel menjadi bagian yang lebih kecil. Jangan lupa untuk mencampurkan daun bayam yang telah ada. setelah semua bahan tercampur dan memiliki suhu yang tidak panas, blender semua bahan hingga menjadi bubur yang bisa dimakan oleh bayi.

  1. Bubur hati dan sayur

Menu selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai mpasi untuk bayi 9 bulan adalah bubur yang terbuat dari hati dan sayuran. Bahan dasar tersebut terbukti mampu membantu bayi untuk menambah nafsu makan sehingga berat badan juga bisa ikut bertambah. Beberapa bahan yang perlu disiapkan, yaitu: 20 gram hati ayam, beras, tomat, tahu, wortel, keju, serta margarin dan air secukupnya. Selanjutnya, rebus beras dan hati sembari diaduk hingga mengental. Setelah itu, campurkan semua bahan dan blender hingga menjadi bubur. Untuk variasi, anda bisa menambahkan keju di atasnya.

Pengetahuan tentang tumbuh dan kembang bayi perlu selalu dikembangkan. Untuk itu, penting bagi anda untuk selalu menambah wawasan tentang hal terkait.

Sharing is caring!

Updated: June 20, 2019 — 3:33 pm