Pandai Membedakan Pengetahuan dan Hoax, Jangan Sampai Tertipu!

Pandai Membedakan Pengetahuan dan Hoax, Jangan Sampai Tertipu!

Jangan sampai anda tertipu hoax dan menganggapnya sebagai pengetahuan. Bagaimana cara melakukannya? Jawabannya akan diketahui dengan membaca informasi di sini.

Hoax dalam kehidupan bermasyarakat adalah hal yang paling membingungkan. Lebih dari itu, hoax nampak merepotkan karena hal-hal tidak benar dianggap benar. Dalam kehidupan, hoax bahkan dianggap sebagai pengetahuan dan dipercaya dalam waktu panjang. Banyak yang meyakininya, hingga terdapat perbedaan pendapat saat pandangan berbeda di sampaikan. Hal terburuk, dapat terjadi pepecahan karena perbedaan pandangan. Lantas, adakah cara untuk meminimalisir penyebararnnya?

Hoax dan Pengetahuan, Bagaimana Membedakannya?

Sebagai masyarakat umum, anda dapat melakukan penelitian atas isu yang disukai. Contohnya dalam pilkada bermunculan hoax pada salah satu calon. Tugas masyarakat adalah mencari tahu benar tidaknya isu tersebut sebelum membagikannya. Hal ini penting, agar tidak ada kelompok atau individu lain yang meyakininya sebagai kebenaran. Serta memberikan dampak besar bagi kehidupan bermasyarakat.

Verifikasi data atau informasi yang disampaikan tidak dapat dilakukan satu kali. Anda harus melakukannya secara berulang, melalui berbagai sumber. Walaupun rumit, jika berhasil ditemukan fakta dari isu yang disampaikan maka keamanan negara dapat terjaga. Sedangkan jika tidak ditemukan fakta, jangan share informasi yang didapat dan simpan informasi tersebut untuk diri sendiri.

Apa Hoax yang Banyak Dipercaya Masyarakat?

Walaupun telah diwanti-wanti untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang didapat, banyak pihak yang percaya akan hoax tersebut. Sebut saja beberapa diantaranya, seperti isu berikut ini:

1. Bumi Datar

Hoax yang paling banyak dibicarakan beberapa tahun belakangan adalah bumi datar. Banyak pihak yang berpandangan bahwa bumi datar bukan bulat, dengan berbagai bukti. Walaupun demikian, ada banyak jurnal, penelitian dan data yang menyebutkan bumi berbentuk bulat. Apakah anda penganutnya? Cobalah bermain-main dengan aplikasi untuk membuktikannya.

2. Palsunya Pendaratan di Bulan

Anda pasti pernah mendengar bahwa pendaratan yang dilakukan di bulan adalah palsu. Hal ini dianggap hoax, karena sesungguhnya Neil Amstrong telah mendarat di bulan. Neil dan teman-temannya, kemudian membawa beberapa jenis batuan bulan yang berbeda karakternya dengan batuan di bumi. Masih belum yakin? Carilah fakta-fakta lain agar lebih meyakinkan diri.

3. Karakter Dipengaruhi Golongan Darah

Apakah golongan darah mempengaruhi karakter? Pertanyaan ini banyak muncul di masyarakat. Namun jawabannya adalah tidak ada hubungan golongan darah dengan karakter seseorang. Jika memang terdapat kecocokan, hal ini mungkin saja pembenaran atas suatu peristiwa. Hal serupa berlaku untuk ramalan zodiak yang nyata dengan hidup.

Sebuah hoax tidak dapat dinyatakan sebagai ilmu. Karena didalamnya, mungkin terdapat unsur kebencian atau emosi tertentu. Perlu diketahui bahwa pengetahuan bersifat obyektif, tidak berpihak pada satu individu ataupun kelompok. Jadi, anda harus pandai-pandai dalam memilah informasi yang didapat. Selalu melakukan konfirmasi atau verifikasi adalah tugas penting sebelum menyebarkannya ke berbagai pihak.