Kiat Jual Motor Bekas yang Mengundang Banyak Untung dengan Harga Tinggi

Kiat Jual Motor Bekas yang Mengundang Banyak Untung dengan Harga TinggiKetika sebagian orang tidak sanggup membeli mobil, alternatif lainnya yaitu dengan membeli motor. Harganya yang relatif jauh lebih murah tentu menjadi pilihan terbaik untuk orang-orang yang benar-benar punya anggaran terbatas saja. Kalau pun ada yang lebih murah lagi, kamu bisa membelinya di tempat jual motor bekas.

Menjual motor dengan yang bekas memang menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang lebih murah tapi mesinnya tetap masih bisa digunakan. Kamu pun yang membuka usaha jual motor bekas nanti bisa mendapatkan keuntungan yang besar kalau kamu juga memakai cara yang tepat untuk melakukannya.

Ada beberapa alasan kenapa orang mau menjual motor kesayangannya, salah satunya adalah bosan dan ingin menggantinya yang baru. Kamu yang mau menjualnya, kondisi motor haruslah yang baik agar bisa mengundang banyak keuntungan.

Kamu yang masih bingung bagaimana cara jual motor yang benar agar bisa mendapatkan keuntungan lebih besar, baca dulu beberapa kiat-kiat di bawah ini.

  1. Tentukan di mana kamu menjualnya

Sebelum kamu menjualnya, kamu harus memikirkan di mana kamu mau jual motor kesayangan kamu. Kamu bisa menjualnya di rumah, menitipkannya ke orang lain, atau menggunakan cara online agar semakin gampang mendapatkan calon pembeli.

Cara online saat ini menjadi solusi terbaik untuk para penjual motor karena memang memberikan dampak yang luar biasa mengenalkan produk jualan kamu ke masyarakat lebih luas. Tentu lingkupnya yang lebih luas hingga ke seluruh bagian Indonesia semakin memudahkan kamu untuk menjualnya.

Memanfaatkan sosial media sebagai tempat penjualan motor juga menjadi langkah yang gampang memasarkan motor kamu. Sebagian besar orang sekarang sudah memakai sosial media, bahkan beberapa platform di antaranya sudah melengkapinya dengan fitur jual beli, sehingga kamu akan semakin gampang mendapatkan pembeli.

  1. Kondisi ban harus baik

Kebanyakan dealer mengakui kalau mau menjual motor dengan harga yang tinggi, kondisi ban haruslah yang baik dan tidak cacat. Kondisi ban menjadi bagian yang penting saat calon konsumen mau membeli motor kamu. Kalau bannya sudah gundul atau tipis, tentu harga yang ditawarkan tidak bisa setinggi dengan ban yang masih utuh.

Pastikan kamu mengecek dulu kondisi bannya sebelum memasarkan motor kamu agar kamu bisa mendapatkan harga yang tinggi saat menjualnya. Tentunya kamu tidak mau jual motor dengan harga yang standar saja tapi sebelumnya kamu membelinya dengan harga yang mahal, kan?

Biasanya kebanyakan penjual akan sengaja mengganti bannya kalau kondisinya sudah 40% hingga 60%.

  1. Kondisi bodi harus baik

Tidak hanya kondisi ban yang harus kamu perhatikan karena masih ada kondisi bodi yang tidak boleh kamu lewatkan. Bisa dikatakan kalau semakin mulusnya bodi motor kamu, maka harga yang dijual juga akan berbanding lurus. Kebanyakan dealer tidak mau membayar dengan harga yang tinggi kalau bodinya terdapat retak atau warna yang sudah terlihat kusam seperti tidak terawat lagi.

Agar kamu bisa mendapatkan banyak untung saat jual motor, lebih baik kamu ganti dulu bodinya dengan yang lebih bagus agar bisa dipasarkan dengan harga yang tinggi. Usahakan saja kamu ganti dengan yang asli agar bisa mendapatkan perbandingan selisih Rp 1,5 juta dari harga yang kamu keluarkan untuk mengganti yang baru.

Contohnya saja, kalau kamu menjualnya dengan harga pasar Rp 6 juta tapi ada bodi yang sudah retak, maka pembeli hanya mau mengeluarkan uang Rp 4 juta saja. Berbeda kalau kamu sudah mengganti bodinya dengan yang lebih baru. Kamu pastinya akan mendapatkan sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 5 juta.

  1. Kelengkapan surat kendaraan

Yang membuat mahal harga penjualan motor bekas yaitu kelengkapan surat kendaraannya. Surat-surat itu meliputi STNK, BPKB, serta surat lainnya. Pastikan kamu masih memiliki surat kendaraan yang aktif dan jauh dari waktu kadaluarsanya.

Kalau sudah habis waktunya, uruslah dulu surat kendaraan kamu agar bisa ditawarkan dengan harga yang tinggi. Jangan lupa juga pajaknya harus masih aktif agar harga yang ditawarkan juga tinggi.

Jual motor sebenarnya mudah-mudah susah. Kamu harus mencari tahu celahnya dulu agar bisa menemukan kesempatan yang pas untuk mendapatkan konsumen. Mau yang lebih gampang gunakan media sosial atau memasarkannya secara online lainnya agar lingkup pemasaran kamu semakin luas.

Sharing is caring!

Updated: April 8, 2019 — 10:02 am