Jadwal Timnas Indonesia: Usai Lawan Yordania, Garuda Disalip Malaysia di Ranking FIFA

Jadwal Timnas Indonesia: Usai Lawan Yordania, Garuda Disalip Malaysia di Ranking FIFAPasukan Garuda harus merelakan posisinya dilewati oleh Malaysia di ranking FIFA 2019. Itu terjadi setelah skuat asuhan Simon McMenemy menjalani jadwal Timnas Indonesia di FIFA Matchday kontra Yordania beberapa waktu lalu.

Dalam ranking terbaru FIFA yang dirilis pada 14 Juni 2019, Timnas Indonesia mengumpulkan total 1005 poin. Posisi Tim Merah Putih melorot dua tingkat dari urutan sebelumnya. Posisi Timnas Indonesia ini, dalam kawasan negara Asia Tenggara, berada di urutan keenam.

Catatan poin Indonesia pun berkurang tiga angka setelah menelan kekalahan dari Yordania pada FIFA Matchday, Selasa (11/6/2019). Seperti diketahui, duel melawan Yordania masuk dalam kalendar FIFA matchday yang hasil pertandingannya dihitung dalam penentuan ranking di di FIFA.

Seperti diketahui, pada laga melawan Yordania di Stadion King Abdullah II, beberapa waktu lalu, Irfan Bachdim dkk takluk dengan skor telak 1-4.

Gol Yordania dicetak oleh Faisal Baha (23′), Ahmed Ersan Hamdouni (42), Yousef Al-Rawashdeh (63′), dan Hamza Al-Dardour. Sementara gol balasan Timnas Indonesia, dicetak oleh Beto Goncalves lewat titik putih.

Akibat kekalahan ini, tempat Indonesia kini telah disalip oleh Malaysia yang berada di peringkat ke-159. Dengan mengumpulkan 1009 poin, Malaysia berhasil naik enam tingkat dari posisi sebelumnya.

Melihat situasi ini pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy sempat angkat bicara. Pelatih asal Skotlandia itu, mengaku tidak  peduli dengan ranking baru FIFA tersebut. Dia lebih mementingkan persiapan Timnas Indonesia yang bakal berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang berada di pot keempat.

“Malaysia menang dan naik FIFA rangking? Saya enggak peduli karena sebelumnya kita ada di pot empat, dan sudah ada tim dari pot empat yang kami kalahkan yakni Timnas Myanmar,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Media dan Hubungan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo menegaskan bahwa posisi Indonesia di pot lima drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022 tidak akan berubah. Sebab, penentuan pot didasari dari peringkat FIFA per Mei 2019.

“Pembagian pot Piala Dunia sudah ditentukan lewat update peringkat FIFA per Mei lalu di mana Indonesia berada di peringkat ke-32 Asia atau batas akhir yang ada di pot empat,” imbuh Gatot.

Dalam drwing kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua, Timnas Indonesia berada di pot lima bersama Singapura, Nepal, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka, dan Pakistan.

Meski begitu, hal berbeda terjadi di dunia maya Twitter. Rata-rata cuitan yang dituliskan warganet bernada kecewa. Mereka tidak terima posisi Timnas Indonesia dilewati oleh Malaysia di ranking FIFA.

“Ya itu ujung-ujungnya kalau uji coba langsung lawan tim kuat,”

“Mending uji coba sama lawan yang sepadan kaya Kamboja atau Myanmar. Jadi peluang buat dapat poin di ranking FIFA bisa lebih besar,”

Kekecewaan senada juga diungkapkan oleh manajer Madura United, Haruna Soemtiro. Dia merasa Simon McMenemy terlalu banyak berjudi dalam menentukan taktik dan strategi padahal laga yang dimainkan berstatus FIFA Matchday.

“Kasih tahu ke Simon (McMenemy), kalau mau coba-coba formasi atau metode trial and error, uji cobanya jangan dengan negara lain. Lebih baik dengan klub Liga 3 saja,” tegas Haruna.

“Masa mengaduk-aduk formasi yang bukan natural posisinya di event resmi FIFA Match Day. Hancur dan semakin menghancurkan ranking, lebih-lebih mental pemain. Selama dua minggu latihan apa saja dia?,” ujarnya kesal.

Pasca melakoni laga FIFA Matchday, jadwal Timnas Indonesia belum memiliki agenda hingga batas waktu yang ditentukan. Saat ini skuat Timnas Indonesia sudah kembali memperkuat timnya masing-masing.

Sharing is caring!

Updated: July 8, 2019 — 1:40 am