Gejala yang Terjadi Saat Tumbuh Gigi Bayi

Gejala yang Terjadi Saat Tumbuh Gigi Bayi

Melihat perkembangan dari seorang bayi dari waktu ke waktu memang sangat menyenangkan dan tidak akan kembali lagi masa tersebut. Tidak terkecuali pada saat tumbuh gigi bayi, jika nanti bayi terjadi suatu rasa tidak nyaman saat kondisi tersebut berjalan. Ini juga karena keterbatasan dalam menjalankan suatu komunikasi dari bayi kepada orang secara umum. Karena itu, pada umumnya bayi akan mengalami kejadian berupa rewel.

Sebagai orang tua, maka perlu mengetahui betul secara tepat mengenai proses terjadinya tumbuh bagian gigi. Melihat dari gejala pada proses tumbuh bagian gigi, tentu beragam dan sebagai orang tua perlu menyikapi kejadian ini agar tidak sampai salah presepsi. Mengenai masalah gigi sendiri, sudah banyak sekali gejala atau tanda jelas yang perlu sebagai orang tua ketahui.

Mengenai Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

Jika melihat proses ini cukup menarik, maka berikut tanda yang akan didapati secara umum :

  1. Ruam pada mulut

Muncul beberapa ruam pada bagian sekitar mulut jangan selalu anda sangka itu adalah gejala buruk. Bisa jadi, muncul secara mendadak bagian tersebut menandakan bahwa bayi memang sedang proses untuk muncul gigi sebentar lagi. Ini juga bisa dipicu karena banyaknya produksi air liur pada bagian tersebut dan membuat kondisi sekitar menjadi lebih lembab. Maka segera mungkin cegah dengan mengelap menggunakan kain bersih atau tisu.

  1. Banyak keluar air liur

Menyambung dari bagian sebelumnya, maka bisa dikatakan bahwa kondisi dalam mulut bayi akan memproduksi air liur lebih banyak dibanding biasanya. Hal semacam ini dikarenakan bahwa gerak otot pada bayi jauh lebih banyak bergerak dan memaksa produksi liur lebih tinggi. Jadi, nanti ketika air liur berlebih muncul, anda tidak perlu panik dan khawatir pada saat hal tersebut terjadi.

  1. Demam

Beberapa kasus pada bayi saat akan tumbuh bayi bisa terjadi demam yang membuat orang tua terkadang khawatir. Jika dirasa gejala demamnya tidak terlalu parah, maka bisa juga tidak perlu dibawa dan diperiksakan ke dokter. Tetapi jika memang sudah terjadi cukup lama, maka tidak ada salahnya melihat kondisi pada bayi dan segera untuk mengerti diagnosa agar tidak salah paham.

  1. Gusi bengkak

Bayi juga bisa mengalami gusi bengkak pada saat proses penumbuhan gigi sedang berlangsung. Lumrahnya pada bayi akan mengalami semacam memar tanda seperti bengkak pada bagian sisi dari pipi. Bisa dikatakan juga bahwa tanda gusi bengkak sendiri berguna agar membentuk gusi agar siap ketika nanti gigi pada bayi muncul

Semacam gejala di atas memang rutin dan biasa secara normal terjadi pada saat bayi akan memiliki gigi. Sebagai orang tua, maka harus lebih tahu dan jangan sampai salah paham ketika bayi muncul gejala tumbuh gigi tersebut nantinya. Muncul gigi ini menjadikan bayi juga agar terus mengalami perkembangan untuk tahap selanjutnya.