Fasilitas dan Pelayanan yang Ada di RS Prikasih

Fasilitas dan Pelayanan yang Ada di RS PrikasihRumah Sakit ialah lembaga atau institusi pelayanan kesehatan yang tersedia secara profesional yang disediakan oleh dokter, perawat, dan staf lainnya. Tidak semua orang yang datang harus menginap. Mereka bisa saja hanya berkonsultasi dan memilih untuk rawat jalan. RS Prikasih menjadi bagian dari sekian banyak rumah medis yang berdiri di Indonesia. Menyediakan fasilitas lengkap dan menerima pengobatan dengan BPJS menjadi bukti kepedulian semua pihak akan pentingnya kesehatan. Seperti layaknya rumah sakit lain, disini Anda bisa menemukan berbagai hal mengenai tenaga medis profesional.

Sedangkan untuk jenis sendiri rumah sakit dibedakan menjadi 5, yaitu: Pertama, rumah sakit umum yang bisa ditemukan di setiap negara. Memiliki ruang inap besar. Fasilitas lengkap dengan tenaga medis yang mumpuni dibidangnya. Dilengkapi dengan ruang bedah, laboratorium, dan fasilitas penunjang lainnya. Kedua, rumah sakit khusus atau sering disebut rumah sakit terspesialisasi. Sesuai namanya rumah rawat ini lebih dikhususkan untuk kalangan khusus. Misalnya saja, manula. Ketiga, rumah sakit penelitian dipakai oleh dokter-dokter muda yang masih melakukan latihan sekaligus penelitian.

Keempat, rumah sakit lembaga atau rumah sakit yang dibangun untuk keperluan karyawan dalam lembaga tersebut. Namun, di Indonesia sendiri rumah sakit jenis ini tidak segan menerima masyarakat umum yang ingin memeriksakan diri. Kelima, fasilitas media kecil yang hanya melayani keluhan tertentu. Biasanya sering disebut klinik. Semua jenis di atas intinya sama yaitu memberikan pertolongan untuk masyarakat yang membutuhkan. Ketersediaan rumah sakit yang kian banyak diharapkan mampu membuat warga untuk semakin melek akan pentingnya kesehatan.

RS Prikasih sendiri masuk sebagai rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas yang bisa dibilang lengkap. Tidak berhenti disini, rumah media tersebut juga memberikan edukasi lengkap kepada masyarakat melalui website resmi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan pengobatan langsung. Tanggung jawab besar menjadi pendorong terkuat untuk para media memberikan yang terbaik untuk setiap pasien. Berikut ini fasilitas dan pelayanan khusus yang tersedia:

  1. Ruang HCU.
  2. Kamar Operasi yang sudah disesuaikan dengan peralatan medis berkualitas.
  3. Kamar Bersalin yang disesuaikan dengan standar tinggi.
  4. Ruang Perintal.

Perkembangan rumah sakit di Indonesia dimulai dari didirikannya VOC. Dimana rumah sakit pada zaman dulu hanya digunakan oleh prajurit militer dan anggota keluarga yang sakit secara gratis. Hal yang sama terjadi pada masyarakat pribumi. Ketika mereka membutuhkan pertolongan diizinkan untuk datang ke rumah medis tersebut. Kemajuan di bidang medis ini semakin gencar terjadi saat kelompok akan membangun rumah sakit sendiri. Dimana mereka tidak meminta bayaran sepersenpn dari pasien yang bertandatangan. Sikap itu terus mengembang dan diteruskan oleh Rumah Sakit CBZ di Jakarta. Sistem rumah sakit ini sama yaitu tidak menerima pembayaran dari pasien yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Sama halnya dengan rumah sakit lain, RS Prikasih juga mempunyai tugas dan fungsi yang sama. Tanggung jawab besar pasti dipikul oleh setiap petugas medis yang bekerja didalamnya. Bagaimanapun menjadi seorang dokter, bidan, dan perawat bukan persoalan mudah. Mereka dituntut untuk mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik untuk hidup orang lain. Berikut mengenai kewajiban rumah sakit:

  • Membantu proses penyelidikan epidemiologi.
  • Menjalankan pelayanan secara maksimal.
  • Menjalankan pelayanan medis secara khusus.
  • Memberikan pelayanan rujukan kesehatan.
  • Memberikan pelayanan edukasi kesehatan.
  • Memberikan pelayanan sosial kesehatan.
  • Memberikan pelayanan administrasi yang sesuai.
Updated: September 26, 2019 — 8:50 am