Cara Termudah untuk Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Cara Termudah untuk Cek Tagihan BPJS KesehatanKetika Anda sudah resmi menjadi anggota dari BPJS kesehatan, maka setiap bulan Anda diharuskan untuk membayar iuran atau tagihan BPJS Anda. Jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan biasanya disesuaikan dengan jenis pelayanan yang Anda pilih dan gunakan. Agar tidak terkena sanksi atau denda, Anda harus rutin melakukan cek tagihan BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah caranya.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan

1.Website Resmi BPJS Kesehatan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan. Untuk mengaksesnya, Anda bisa memasukkan alamat https://bpjs-kesehatan.go.id. Di website tersebut akan ada pilihan untuk melakukan pengecekan tagihan.

Mengecek lewat web resmi bisa dilakukan baik itu peserta pribadi ataupun yang ditanggung oleh perusahaan. Keduanya memiliki cara yang sama.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs di atas. Setelah itu, pilih menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan”. Akan ada 2 kolom yang harus Anda isi, yakni nomor kartu dan tanggal lahir Anda. Selanjutnya, akan ada validasi kode yang harus Anda ketik. Pilih “Cek” dan rincian biaya yang harus Anda bayarkan akan muncul di layar. Rincian pembayaran tersebut meliputi iuran yang sudah Anda lunasi dan yang belum.

  1. ATM

Anda juga dapat mengecek tagihan BPJS kesehatan melalui ATM. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika lokasi Anda jauh dari kantor BPJS. Beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS antara lain BNI, Mandiri, dan BRI. Cara mengeceknya adalah sebagai berikut.

-Masukkan kartu ATM Anda

-Pilih menu “Transaksi Lain”

-Pilih menu “Pembayaran”

-Pilih “Lainnya”

-Selanjutnya pilih “BPJS”

-Pilih “BPJS Kesehatan”

-Masukkan nomor virtual account dari BPJS yang Anda terima saat melakukan registrasi akun. Anda juga dapat memasukkan nomor peserta BPJS dengan 88888 (11 angka terakhir dari nomor peserta BPJS Anda)

-Pilih “Benar”

-Anda selanjutnya akan melihat tanda konfirmasi pembayaran di layar

-Ketika merasa tagihan sudah benar, pilih menu “Ya”

  1. Aplikasi

BPJS sudah memiliki aplikasi resmi yang dapat diakses melalui smartphone Anda. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengecek tagihan, status keanggotaan, dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan BPJS kesehatan. Yang terpenting, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store. Berikut adalah cara untuk mengecek tagihan melalui aplikasi.

-Instal aplikasi Mobile JKN melalui Play Store

-Buka aplikasi tersebut dan login

-Pilih menu Tagihan

-Untuk dapat melihat detail tagihan, pilih menu Premi

-Anda akan melihat tampilan tagihan BPJS Anda

  1. SMS

Selanjutnya, cara lain untuk melihat tagihan BPJS kesehatan adalah dengan menggunakan SMS. Metode ini dapat digunakan ketika Anda tidak bisa mengakses internet karena beberapa alasan. Layanan ini disebut dengan istilah SMS Gateway. Anda dapat menghubungi langsung jaringan seluler pada nomor 087775500400.

Ada berbagai info mengenai layanan-layanan dari BPJS kesehatan yang dapat Anda akses dengan nomor tersebut. Untuk mengecek tagihan BPJS Anda, gunakan salah satu data diri Anda, bisa berupa NIK, nomor kartu BPJS, atau NIK. Contohnya adalah: Tagihan nomor kartu BPJS (Tagihan 0011198739478) dan kirim ke nomor di atas.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan BPJS kesehatan Anda. Jangan sampai Anda terlambat membayar iuran karena akan ada sanksi dan hukumannya. Lakukan cek tersebut secara rutin agar Anda dapat mempersiapkan iuran yang harus Anda bayarkan.

Updated: March 10, 2020 — 9:47 am