Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Apa Sih Gambar Perspektif Itu? Kenali Lebih Jauh Yuk

Apa Sih Gambar Perspektif Itu Kenali Lebih Jauh YukSaat membicarakan hal-hal mengenai desain, tidak semua orang paham dan pastinya bingung. Mungkin Anda yang memiliki teman seorang desain grafis atau berada di jurusan di bidang desain, tentu akan terasa asing dengan beberapa istilah yang mereka bicarakan, seperti gambar perspektif.

Istilah tersebut pastinya sudah tidak asing lagi untuk orang-orang yang bergelut di bidang desain gambar. Berbeda dengan orang-orang awam yang tidak pernah mendengarnya, sehingga terasa bingung saat sedang dalam perkumpulan orang-orang yang sedang membahas desain yang perspektif.

Bagi Anda yang masih awam, apalagi baru saja masuk ke dalam jurusan desain, tidak ada salahnya mempelajari gambar perspektif. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.

Arti Gambar Berteknik Perspektif

Gambar perspektif merupakan teknik yang dipakai untuk membuat sebuah gambar atau desain yang memakai kemampuan dari suatu pandangan mata individu. Saat Anda melihat objek yang jauh, tentu mata Anda akan melihatnya menjadi semakin kecil. Tentu hal tersebut membuat hasilnya semakin realistis.

Dalam membuat gambar perspektif, cara yang dipakai berbeda dengan teknik lainnya yaitu pengamatan pada suatu objek hanya bisa berasal dari 1 titik sudut pandang mata saja di mana titik tersebut berasal dari mana Anda berdiri saat sedang melihat objek tersebut.

Ketika sudut pandang tersebut semakin dipersempit dengan cara relatif, maka garis yang lurus akan tetap menjadi lurus, sehingga membuatnya menjadi gambar perspektif. Biasanya teknik ini dipakai untuk membuat objek bangunan, interior, eksterior, maupun benda lainnya yang ukurannya pastinya lebih besar dibandingkan manusia.

Dari penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan seperti di bawah ini.

  1. Ketika objek semakin jauh, maka akan terlihat semakin kecil. Begitu juga warnanya akan terlihat lebih pudar saat objeknya jauh.
  2. Objek yang jauh dari mata akan hanya terlihat seperti titik yang berjejer dan berada di garis lurus saja. Hal perspektif tersebut dinamakan garis horizon.
  3. Objek yang terlihat lebih jauh pastinya akan menjadi seperti titik kecil atau bahkan bisa semakin lenyap.

Tipe Gambar Berteknik Perspektif

Terdapat 2 tipe gambar perspektif, yakni areal dan linear.

  1. Areal perspektif

Bisa disebut juga sebagai perspektif sejajar di mana teknik ini dipakai berdasarkan warna serta garisnya. Contohnya saja saat Anda menatap objek yang dekat dengan mata, garis batas pada objek yang jauh di belakangnya hanya akan tampak seperti 1 titik saja sampai benar-benar menghilang.

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan jika perspektif sejajar mengharuskan Anda menggambar suatu objek di lihat dari ketegasan maupun buramnya warna maupun garisnya.

  1. Linear perspektif

Bisa dikatakan juga sebagai perspektif sudut di mana Anda membuat gambar perspektif yang memakai titik lenyap dengan menggunakan garis yang terpusat di 1 titik yang bisa dilihat.

Kegunaan Gambar Berteknik Perspesktif

Menggunakan gambar berteknik perspektif tidak semuanya bisa dipakai karena harus disesuaikan dengan tujuan gambar tersebut dibuat. Namun, ada beberapa kegunaan gambar perspektif yang juga perlu Anda ketahui.

  1. Membantu dalam membuat rancangan

Jika Anda bekerja untuk membuat taman kota, ekterior, ruang kerja, maupun arsitektur lainnya, tentu Anda harus menggunakan teknik perspektif agar semakin mudah membuat rancangannya. Karena memakai teknik gambar yang detail, tidak heran sebagian besar arsitek memakai teknik ini untuk membuat rancangannya.

  1. Membantu menguasai prinsip

Anda yang masih bingung dalam menggambar ilustrasi atau bentuk, gunakan saja teknik perspektif karena bisa membantu Anda untuk menguasai prinsipnya.

Dari penjelasan di atas, pastinya Anda sudah semakin paham mengenai gambar perspektif, bukan? Kalau ditanya orang, Anda sudah tidak perlu bingung lagi. Mungkin Anda yang masih ingin mendalaminya, dapat bertanya ke orang yang lebih ahli.

Sharing is caring!

Updated: April 11, 2019 — 5:40 pm
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares