3 Manfaat Kandungan yang Dimiliki Minyak Telon Bayi

3 Manfaat Kandungan yang Dimiliki Minyak Telon BayiKelahiran seorang anak merupakan salah satu kebahagiaan yang tak terhingga untuk semua orang tua yang ada di dunia ini. bayi yang baru lahir tentu harus diperhatikan berbagai hal yang menunjang pertumbuhannya. Para orang tua dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan anak mereka. Di Indonesia sendiri salah satu produk yang wajib dimiliki oleh para ibu adalah minyak telon bayi. Minyak yang satu ini juga sudah digunakan secara turun-temurun sejak zaman dulu sehingga penggunaannya tak boleh terlewatkan.

Manfaat yang dimiliki oleh minyak telon ini pun ternyata baik untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan kandungan alami yang dimiliki oleh minyak telon yang dikhususkan untuk bayi ini bisa memberikan manfaat yang baik. Tak hanya menghangatkan saja, minyak telon bayi juga digunakan untuk melembapkan kulit dan meredakan sakit perut. Selain itu minyak telon juga dipercaya bisa meredakan beberapa masalah kesehatan untuk bayi dan orang dewasa seperti berikut ini.

  1. Cocok untuk Atasi Perut Kembung

Jika perut menjadi tiba-tiba terasa begah, maka itu berarti seseorang tengah mengalami kembung. Selain sering dirasakan oleh orang dewasa, kembung juga sering dirasakan oleh bayi yang membuat mereka selalu menangis tanpa henti. Istilah medis dari kondisi ini biasa disebut dengan kolik. Untuk bisa mengatasi masalah kesehatan yang satu ini, cobalah untuk mengoleskan minyak telon di perut.

Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan minyak adas yang terdapat pada minyak telon ini dipercaya bisa membantu mengurangi rasa sakit yang muncul di sekitar perut seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menyebutkan jika campuran minyak adas dan minyak dengan kandungan kurkumin ternyata bisa membantu mengurangi gejala pada penderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang ringan.

  1. Meredakan Kejang Otot

Saat mengalami kejang otot dengan rasa sakit yang muncul masih bisa ditoleransi kondisinya, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan minyak telon. Olesan minyak telon ternyata bisa membantu meredakan kejang otot pada seseorang. Hal ini dikarenakan campuran yang dimiliki oleh minyak kayu putih dan adas ada minyak telon ini memiliki efek relaksasi yang bagus untuk otot.

Selain itu, kandungan eucalyptamint pada minyak kayu putih juga digunakan sebagai obat yang dipercaya bisa mengatasi kejang pada otot dan radang sendi. Jika kejang otot yang dirasakan masih ringan dan rasa sakit masih bisa ditahan, maka ada baiknya untuk segera mengoleskan minyak telon untuk meredakan rasa sakit yang timbul. Minyak telon ternyata bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk meredakan kondisi kejang otot ringan pada seseorang dengan kandungan yang ada di dalamnya.

  1. Melegakan Saluran Pernapasan

Meski aroma yang dimiliki oleh minyak telon ini cenderung lembut ketika di hirup, namun minyak telon ternyata terbilang ampuh dalam hal melegakan saluran pernapasan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan minyak eucalyptus yang terdapat di dalamnya ini memiliki sifat sebagai dekongestan. Sehingga dapat membantu seseorang untuk meringankan gejala flu yang dimiliki seperti hidung tersumbat.

Hidung tersumbat saat gejala flu datang tentu saja akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk tidur. Dengan mengoleskan beberapa tetes minyak telon di area hidung ternyata bisa melancarkan saluran pernapasan dan membuat hidung tersumbat hilang seketika. Bernapas pun menjadi lebih lega dan tidur akan menjadi lebih nyaman.

Updated: April 5, 2020 — 3:27 pm