Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Tips Aman dalam Menulis Berita Hari Ini Berdasarkan Investigasi

Penulisan Berita InvestigasiDalam pembuatan berita hari ini yang mengacu pada laporan investigasi terdapat 2 bagian. Pembagian ini dilakukan agar dalam penulisannya mudah diterapkan. Mengingat apa yang akan ditulis memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Langkah ini disusun atas rekomendasi dari berbagai pakar yang sudah bertahun-tahun menulis berita model ini.

Penulisan Berita Investigasi pada Bagian Pertama

Penulisan yang dilakukan pada pertama kali adalah penentuan lead atau opening. Setiap paragraf dalam lead ini difokuskan untuk memberikan ruang kecil dan terbuka saat dibaca oleh khalayak. Lead yang baik akan membuat para pembacanya “mengenali” isi berita. Kemudian penasaran membaca keseluruhan isinya.

Pada bagian lead, wajib memaparkan hasil dari pengamatan gagasan wartawan yang sudah ada sebelumnya. Jadi bukan hanya rangkuman, tetapi intisari. Sebagai penulis berita, Anda tidak perlu terjun langsung ke lapangan untuk membuat berita yang baik. Cukup didasarkan saja pada laporan investigasi dari wartawan di media yang sama dengan Anda.

Wajib pula ada hipotesis atas gagasan yang sudah disusun. Tujuannya untuk digunakan sebagai landasan atau gambaran terhadap hasil liputan. Sebelum ditulis secara utuh, lakukan pendalaman juga terhadap semua sumber yang ada. Kemudian telusuri apa yang membuat sebuah kasus perlu dikupas dan diliput.

Meski tidak wajib terjun ke lapangan, tidak ada salahnya Anda mendatangi para pakar dan sumber ahlinya. Hal ini dilakukan kalau Anda ingin mendapatkan data selengkap mungkin. Lakukan wawancara hingga mendetail. Setelah selesai telusuri kembali kunci dari setiap percakapan yang Anda lakukan. Barulah dibikin plot untuk berita yang akan Anda tulis.

Penulisan Berita Investigasi pada Bagian Kedua

Sebelum menulis berita hari ini yang memuat berita investigasi, lakukan pengorganisasian atas dokumen-dokumen. Berkas tersebut berisi pengamatan yang Anda lakukan dan beberapa wartawan yang bekerja sebelumnya. Apalagi kalau kasus yang akan Anda tulis masih berstatus “belum terpecahkan”. Harus hati-hati setiap kali Anda menarik kesimpulan.

Apabila belum yakin juga dengan yang akan ditulis, lakukan wawancara lebih lanjut. Mungkin bukan pada para pakar lagi, tapi pada masyarakat sekitar yang menjadi saksi atas kasus yang ingin Anda bahas. Pada titik ini, Anda harus sensitif terhadap jejak sekecil apa pun. Biar wawancaranya tidak sia-sia.

Barulah tulis berdasarkan data yang sudah terkumpul. Kalau bisa, jangan tulis yang terpenting. Tapi tulis gagasan terhadap dokumen yang terkumpul. Bisa menggunakan sudut pandang para pakar, masyarakat, maupun Anda sendiri. Tetap jaga poin “menarik, provokatif, dan mendidik” sebagai ujung tombak utama dalam penulisan berita investigasi.

Perlunya Pengecekan Terhadap Kemungkinan Gugatan

Isu yang ada pada berita harian populer tentang investigasi memang sangat riskan kalau tidak hati-hati. Untuk lebih amannya, selalu lakukan pengecekan atas dokumen-dokumen yang ada. Bahkan untuk tulisan berita yang Anda tulis pun harus dicek. Apalagi kalau berita yang ditulis pure tentang sudut pandang yang sangat provokatif dari para pakar.

Sebagai penulis berita, Anda wajib melindungi martabat para pakar, media, dan Anda sendiri. Soalnya berita yang sudah terpublikasi akan langsung disantap bulat-bulat oleh masyarakat. Bahkan ada yang tidak mencernanya dengan betul sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Lebih-lebih gugatan dari pihak yang bersangkutan. Jangan sampai hal ini terjadi.

Berita hari ini yang berkaitan dengan laporan investigasi memang jarang muncul. Sekalinya muncul, pasti disajikan secara rombongan. Untuk kasus ringan, laporan yang umum diberikan itu sangat runut. Jadi masyarakat bisa mengikuti pola kasus yang tengah dibahas tanpa meninggalkan tanda tanya sekalipun.

Sharing is caring!

Updated: April 18, 2018 — 3:39 pm
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares