Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Tabungan Rencana untuk Masa Pensiun Anda

Memiliki tabungan sebagai cadangan saat menjelang usia senja pastinya akan lebih memberikan ketenangan dibandingkan mereka yang belum memilikinya. Saat ini tunjangan pensiun hanya diberikan kepada para pegawai negeri yang telah menginjak masa pensiun saja, padahal karyawan swasta juga perlu memiliki tunjangan hari tua sama seperti mereka. Namun dengan adanya program tabungan rencana yang sudah banyak digalakkan beberapa bank besar nasional, kini semua orang dapat memiliki tabungan di usia senja nya.

Tabungan dengan sistem tabung tetap ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Proses menabung yang dibuat tetap per bulan sesuai dengan kemampuan akan meringankan nasabah dibandingkan dengan sistem asuransi yang umumnya langsung menetapkan besaran nominal. Pada sistem ini, tabungan dapat dilakukan dengan besaran minimal Rp. 100.000 tiap bulannya, dan hanya bisa diambil atau dicairkan minimal setelah 2 tahun masa tabungan dan maksimal bisa menggunakan patokan usia.

Karakteristik Tabungan Rencana

Dengan adanya program ini, maka karyawan swasta hingga wiraswasta dapat memiliki tunjangan pensiun sesuai dengan banyaknya nominal yang ditabungkan setiap bulannya. Meskipun setiap bulan mereka menabung dengan nominal kecil, namun jika dilakukan hingga bertahun-tahun maka jumlah yang dapat diambil nantinya bisa menjadi besar tanpa mereka merasakan telah mengeluarkan uang sebanyak nominal tersebut. belum lagi sistem keamanan bank yang menjamin tabungan para nasabahnya sehingga mereka tak perlu khawatir akan kehilangan jaminan pensiunan yang bisa digunakan saat usia senja.

Tabungan rencana ini hampir sama dengan deposito pada proses pencairannya, namun pada proses menabungnya yang berbeda. Tabungan deposito mengharuskan nasabahnya untuk menabung langsung dengan nominal yang besar namun dapat dilakukan sekali untuk kemudian disimpan bank dalam jangka waktu tertentu. Namun pada sistem berencana, simpanan dapat diangsur setiap bulannya sebesar nominal yang telah disepakati sebelumnya. Setiap bank saat ini sudah memiliki program ini, sehingga semua orang dapat lebih leluasa memilih bank mana yang mereka percayai untuk menyimpan uang tabungan yang nantinya dapat digunakan sebagai jaminan hari tua saat sudah tidak produktif lagi. Misalkan anda ingin KPR syariah untuk membeli rumah yang diinginkan di masa depan.

Sharing is caring!

Updated: April 19, 2017 — 8:32 am
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares