Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Pilih Beli Rumah Atau Beli Tanah? Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah sering dibingungkan dengan pilihan beli rumah jadi atau beli tanah kosong yang kemudian akan dibangun rumah impianmu?. Keduanya memiliki keuntungan dan keunggulannya masing – masing. Kedua pilihan tersebut sebagian besar dihadapi pada saat usia muda terlebih lagi bagi mereka yang baru saja menikah. Memiliki sebuah hunian yang nyaman merupakan salah satu kebutuhan utama ketika mulai hidup mandiri. Sebelum kamu mengambil keputusan untuk memilih salah satunya coba kamu perhatikan terlebih dahulu beberapa hal yang perlu dipertimbangan ketika beli rumah ataupun beli tanah.

Beli Rumah :

Siap Pakai

Jika kamu memilih untuk beli rumah yang sudah jadi dan siap untuk dihuni. Kamu tidak perlu menunggu waktu lama untuk pindah dan menempati tempat tinggal baru. Kamu tidak perlu direpotkan dengan mencari tanah dan merencanakan pembangunan rumah yang tentunya mengharuskan kamu untuk mengeluarkan waktu dan usaha ekstra.

Lokasi Terintegrasi

Rumah yang dibangun atau dikelola oleh sebuah agen atau developer umumnya sudah memiliki tempat dan lokasi yang lebih terintegrasi, hal ini sudah dirancang sedemikian rupa oleh pihak developer sebelum melakukan pembangunan seperti ketersediaan fasilitas umum bagi perumahan misalnya lokasi yang dekat dengan perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, transportasi umu, dan fasilitas lainnya.

Mudah dapatkan KPR

Ketika kamu memutuskan ntuk beli rumah di perumahan yang sebagian besar dikelola oleh developer yang sudah memiliki kerjasama dengan bank dan lembaga keuangan tertentu. Hal ini bisa cukup memudahkan untuk kamu yang memiliki budget terbatas. Pihak developer pun akan membantu mengurus perihal surat – surat dan kelengkapan untuk mendapatkan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Pilih Beli Rumah Atau Beli Tanah Mana Yang Lebih Menguntungkan

Legalitas

Bagi kamu yang memilih untuk membeli rumah kamu tidak akan lagi direpotkan dengan pembuatan berbagai dokumen seperti surat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB dan Surat Izin Penunjukan dan Penggunaan Tanah atau SIPPT, karena semua pengurusan tanah sudah diselesaikan oleh pemilik rumah kamu hanya perlu memindah kepemilikan tanah dan bangunan yang akan dibeli.

Tanah :

Harga lebih rendah

Jika kamu yang memiliki niat untuk membangun sendiri rumah impian yang kamu dan anggota keluarga inginkan. Pilihan untuk membeli tanah ini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Kamu bahkan bisa menggunakannya sebagai investasi untuk masa depan jika kamu tidak jadi untuk membangun rumah. Biaya untuk membeli tanah pun terbilang cukup murah dibandingkan membeli rumah. Membeli tanah biasanya dilakukan oleh seseorang yang tidak ingin mengeluarkan uang besar dalam satu waktu atau untuk menabung membangun rumah di masa depan.

Desain bangunan

Tanah kosong yang belum memiliki bangunan apapun diatasnya akan memudahkan kamu untuk merancang dan membuat desain rumah yang kamu dan anggota keluarkga kamu inginkan. Kamu bisa menentukan luas bangunan dan luas halaman yang akan kamu gunakan. Kamu bisa menentukan jumlah kamar dan ruangan yang akan kamu bangun diatas tanah tersebut. Semua desain dan bentuk rumah dapat kamu rencanakan sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Material bangunan

Biasanya jika kamu beli rumah yang sudah jadi kamu tidak bisa melihat material apa saja yang digunakan untuk membangun rumah tersebut. Kamu tidak bisa memastikan kualitas dan ketahanan dari bangunan rumah yang akan kamu tempati. Hal ini akan berbeda kasusnya dengan jika kamu membeli tanah terlebih dahulu kamu bisa emantau dan memastikan material – material yang digunakan untuk bangunan rumah yang akan dibangun di tanah tersebut memiliki kualitas yang cukup bagus.

Bagaimana? apa kamu masih bingung memilih untuk beli rumah atau beli tanah? Singkatnya jika kamu memiliki dana yang cukup terbatas untuk membeli hunian namun memiliki fleksibilitas waktu untuk mengurus berbagai aspek yang diperlukan ketika membangun rumah, kamu bisa memilih untuk beli tanah. Namun bila kamu memiliki dana cukup besar dan termasuk seseorang yang tidak memiliki waktu luang cukup banyak untuk mengurus berbagai hal seperti proses pembangunan rumah, lebih baik kamu beli rumah yang sudah jadi. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bisa diterapkan dengan baik oleh para pembaca. Terima kasih.

Sharing is caring!

Updated: March 26, 2017 — 9:48 am
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares