Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Penempatan Letak AC yang Baik dan Benar

Penempatan Letak AC yang Baik dan BenarPendingin ruangan alias Air Conditioner (AC) merupakan barang elektronik yang saat ini menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Selain untuk untuk merubah udara yang panas menjadi dingin. AC digunakan sebagai penyejuk dalam suatu ruangan. Meski sebenarnya lebih baik menggunakan sumber dingin alami, namun dengan alasan tertentu orang lebih suka menggunakan AC.

Penempatan letak pendingin ruangan yang tidak tepat akan mengakibatkan kinerja AC Anda tidak optimal untuk mendinginkan suhu ruangan Anda. Nah, ada beberapa hal nih yang perlu diperhatikan sebelum Anda meletakkan posisi AC pada ruangan. Agar AC Anda dapat bekerja dengan maksimal tentu Anda harus memperhatikan tips penempatan letak AC yang baik dan benar seperti dibawah ini.

Posisi indoor AC

Saat pemasangan unit indoor, perhatikan jarak optimal dari ac ke bagian samping kanan, kiri, belakang, atas dan jarak ke lantai. Hindari barang barang elektronik yang diletakkan dekat dengan pendingin ruangan. Hal ini bertujuan apabila AC Anda mengalami kebocoran barang elektronik Anda tidak terkena air yang nantinya bisa menyebabkan gangguan listrik.

Selain itu, hindari meletakkan posisi AC sejajar dengan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan angin yang dihasilkan akan langsung mengenai tubuh Anda sehingga tidak baik untuk kesehatan. Terlalu sering terpapar AC juga dapat menyebabkan paru-paru basah, sesak nafas dan gangguan saat tidur. Oleh sebab itu, hindari meletakkan posisi AC sejajar dengan tubuh. Ada baiknya, letakkan posisi AC disebelah kanan atau kiri kasur Anda.

Jika Anda memasang AC pada ruangan Anda disarankan untuk memasang bagian indoor yang berdekatan dengan unit outdoor atau kompresor. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja pendingin ruangan Anda.

Posisi unit outdoor

Pada pemasangan unit outdoor ini perhatikan jarak semua sisi agar sirkulasi udara lebih lancar. Pilihlah tempat yang mudah dijangkau serta aman sehingga saat proses pemasangan unit outdoor ini dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini tentu agar terjadi sesuatu atau membersihkan unit outdoor AC bisa dijangkau dengan mudah. Kesalahan pada kebanyakan orang menaruh unit outdoor ini pada tempat yang susah di jangkau, sehingga unit outdoor jarang diperhatikan dan menyebabkan AC berumur pendek.

Selain itu, apabila Anda sering menjumpai pada musim panas AC Anda kurang begitu dingin. Hal ini bisa disebabkan akibat unit outdoor AC Anda mengalami panas yang berlebih karena terkena terik matahari lansung. Nah, ada baiknya apabila Anda menaruh unit outdoor ini pada tempat yang adem. Memang pada dasarnya unit outdoor ini dipasang di tempat yang terbuka agar mendapatkan sirkulasi yang baik. Namun tidak ada salahnya untuk menaruh unit outdoor Anda ini pada tempat yang adem atau tidak terlalu panas.

Pipa Penghubung

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pipa penghubung antara unit indoor dan outdoor. Pipa yang terhubung harus diperhatikan dengan baik karena tidak boleh sampai ada lekukan atau bengkok, apabila hal ini terjadi tentu akan menggangu sirkulasi pada AC itu sendiri. Pipa penghubung pada AC ini digunakan untuk mendukung kinerja dari pendingin ruangan.

Pilihlah kualitas pipa yang terbaik, bila kualitas pipa AC rendah maka sangat rentan terjadi kebocoran yang berakibat Freon dalam sistem AC menjadi terbuang dan akibatnya freon akan habis dan menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik. Ada baikya panjang pipa penghubung berukuran 3 hingga 6 meter, namun jika tidak memungkinkan bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan AC ruangan Anda.

Jalur pembuangan air

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu jalur pembuangan air. Pastikan jalur pembuangan air pada pendingin ruangan Anda dilakukan dengan baik dan benar, jika tidak tentu akan menyebabkan AC Anda bocor dan menetes. Tentunya AC yang menetes tidak membuat Anda merasa nyaman. Harus diperhatikan, jalur pembuangan air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Pastikan pipa yang menyalurkan pembuangan air bekerja dengan baik, tidak ada lubang kecil yang dapat mengakibatkan kebocoran.

Sebaiknya, jalur pembuangan air tidak ditanam karena bisa mempersulit perawatan atau penanggulangan ketika AC rusak. Pastikan kotoran dan lendir tidak terdapat dalam jalur pembuangan karena hal itu akan menghambat pipa pembuangan yang menyebabkan air pembuangan meluap naik dan keluar melalui AC Anda atau sering disebut AC bocor.

Untuk pemasangan indoor dan outdoor pada AC Anda sebaiknya menggunakan jasa service ac jakarta untuk mempermudah Anda dalam pemasangan AC. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan merawat AC Anda agar kinerja pendingin ruangan Anda tetap optimal dan tahan lama.

Sharing is caring!

Updated: October 4, 2017 — 5:44 pm
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares