Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Nyeri Punggung Saat Hamil? Inilah Penyebabnya

Nyeri punggung saat hamil memang sering kali dirasakan oleh setiap ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan bentuk tubuh yang berubah dengan harus membawa tanggungan perubahan badan yang membawa satu beban tambahan. Sakit punggung atau rasa nyeri sering dirasakan ketika melakukan aktifitas yang membuat anda harus membungkuk, berjalan terlalu jauh, mengangkat beban yang terlalu berat, bangun dari tidur atau berdiri saat posisi duduk. Itu semua akan menimbulkan rasa nyeri pada punggung. Rasa sakit tersebut dikarenakan adanya perubahan dalam tubuh.

Berubahnya bentuk tubuh ibu hamil

Bagi ibu hamil yang sehat, pastinya ia akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Kenaikan tersebut karena adanya perkembangan yang sehat pada janin yang sedang dikandungnya. Dengan perkembangan janin yang semakin besar dan tentunya berat yang semakin hari semakin bertambah, maka beban yang akan ditanggung oleh tulang belakang semakin besar pula. Hal tersebut terjadi karena adanya penekanan pada pembuluh darah serta saraf di sekitar panggul dan punggung pada saat janin mulai tumbuh besar. Selain perkembangan janin, berat badan ibu hamil juga akan bertambah. Sehingga, hal tersebutlah yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada tulang belakang.

sakit punggung saat hamil 1 bulan

Terpisahnya otot dan perubahan hormone

Pada saat rahim anda membesar, akan menyebabkan timbulnya rasa Nyeri punggung saat hamil. Perbesaran yang dialami oleh Rahim, mengakibatkan terpisahnya otot yang berjalan dari tulang rusuk ke tulang kemaluan. Serta perubahan hormon yang lebih banyak memproduksi relaxin yang membantu ligament menjadi rileks serta membuat persendian menjadi lebih luas dalam membantu proses kelahiran kelak. Dengan adanya hormon tersebut, akan membantu jaringan ligament terkena oleh hormone dan bisa membuat ligament tersebut semakin longgar dan menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu dan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pda punggung.

Itulah Nyeri punggung saat hamilyang diakibatkan oleh beberapa faktor. Memang hampir semua ibu hamil mengalami hal yang sama. Oleh Karena itu, anda perlu menjaga kesehatan anda dan usahakan jangan mudah capek.

Sharing is caring!

Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares