Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Jaga Kesehatan Pencernaan Anak dengan 5 Cara Efektif

Jaga Kesehatan Pencernaan Anak dengan 5 Cara EfektifPola makan salah dan tidak sehat seringkali menjadi faktor timbulnya gangguan kesehatan pencernaan anak. Jika sistem pencernaan terganggu, maka sistem imun akan menurun. Gangguan pencernaan akan menghambat proses terbentuknya energi, sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Untuk itu, lakukan 5 cara efektif untuk menjaga kesehatan anak.

  1. Makan dengan Teratur dan Bergizi

Pola makan yang salah, yaitu tidak teratur ataupun kurang bernutrisi, dapat menyebabkan terganggunya kesehatan saluran pencernaan pada anak. Alhasil, kegiatan akan terhambat. Untuk itu, diperlukan perubahan pola makan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Cara menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan menerapkan pola makan yang teratur dengan menu seimbang, yaitu 4 sehat 5 sempurna. Konsumsilah makanan pokok, yaitu nasi dengan sayur dan lauk yang bergizi. Setelah itu, makanlah buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, serta minumlah susu.

  1. Menjaga Kebersihan Makanan

Kebersihan makanan merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Cara ini mampu meminimalisir terjadinya gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare akibat adanya kuman dan bakteri yang bersarang pada makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, mulailah untuk memeberikan makanan higienis pada anak.

Untuk memberikan makanan yang bersih dan higienis, upayakan untuk mencuci bahan makanan dengan bersih. Jangan pernah memasak makanan yang setengah matang, karena ditakutkan masih ada bakteri yang beum mati. Selanjutnya, Anda perlu menjaga kebersihan peralatan masak dan peralatan makan.

  1. Mengonsumsi Prebiotik

Tidak semua bakteri itu jahat, melainkan ada juga bakteri baik. perlu diketahui bahwa bakteri baik tersebut mampu membantu mengatasi perut kembung dan diare yang diderita si kecil. Anda dapat memberikan makanan mengandung prebiotik. Dengan cara itu, perkembangbiakan bakteri jahat bisa dicegah.

Selain mengatasi gangguan pencernaan, bakteri baik dapat menjaga kekuatan dan kestabilan sistem imun atau sistem pertahanan tubuh. Kekebalan tubuh yang baik ini sangat baik bagi anak, karena memang pada umumnya banyak hal yang menyebabkan anak mengalami gangguan pada pencernaannya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Mineral

Kebutuhan tubuh tidak hanya karbohidrat, protein, zat besi, dan vitamin, tetapi juga membutuhkan mineral untuk melancarkan saluran pencernaan. Untuk itu, penuhilah kebutuhan nutrisi pada anak dengan memberikan minuman dengan kandungan mineral yang memadai bagi tubuh.

Usahakan juga untuk memberikan air mineral yang higienis, yaitu terjaga kebersihannya.  Apabila air mineralnya bersih, maka bakteri jahat tidak akan masuk ke dalamnya dan berkembang biak. Dengan pemenuhan kebutuhan mineral, anak Anda bisa terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

  1. Mengurangi Konsumsi Fast Food

Kebiasaan mengonsumsi fast food dapat menjadi faktor pemicu timbulnya gangguan pencernaan pada anak. Kondisi saluran pencernaan yang masih rentan akan mudah terganggu dengan konsumsi makanan cepat saji yang mengandung zat yang belum tentu sehat, di mana terdapat bahan pengawet dan zat tambahan lainnya.

Dengan demikian, langkah yang perlu diambil adalah mengurangi konsumsi fast food. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga kesehatan saluran pencernaan, tanpa harus mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sebagainya.

Kesehatan saluran pencernaan sangat penting dan wajib dijaga agar mampu memproses makanan dan minuman dengan baik. 5 cara efektif tersebut bisa dilakukan demi kesehatan pencernaan anak, sehingga daya tahan tubuh terjaga. Proses pencernaan makanan sampai perubahannya menjadi energi juga menjadi lancar, sehingga aktivitas tidak terhambat.

Sharing is caring!

Updated: December 4, 2017 — 2:37 am
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares