Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Hindari Kesalahan Konyol Pendaki Pemula Ini

Hindari Kesalahan Konyol Pendaki Pemula IniMendaki gunung bisa dibilang merupakan aktivitas yang butuh kemampuan dan juga feeling yang kuat. Kemampuan ini akan didapatkan apabila kamu sudah beberapa kali mendaki. Kalau baru pertama kali rasanya pasti ada saja kesalahan yang kamu lakukan.

Meskipun sebelumnya telah mendapatkan briefing ataupun berdiskusi dengan tim pendaki yang lebih profesional.Wajar sih namanya juga pemula. Apalagi kalau keinginan mendaki tidak diiringi dengan niat yang kuat, hanya karena pas ada harga tiket promo pesawat saja.

Ketika mendaki gunung tidak mungkin bisa sempurna itu melakukannya. Pasti akan ada satu atau dua kesalahan yang dilakukan. Namun, jangan sampai kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan kecil dan sepele yang biasanya dilakukan oleh para pendaki pemula.

Berikut ini adalah deretan kesalahan konyol yang sering dilakukan oleh para pendaki pemula. Jujur saja, kamu pernah kan melakukan salah satunya?

  • Membawa terlalu banyak barang

Sesungguhnya ini adalah kesalahan yang cukup konyol di antara kesalahan lainnya. Namanya juga pendaki pemula pasti belum bisa terlalu membayangkan Seperti apa kondisi di atas gunung sana, bahan apa saja yang kira-kira benar dibutuhkan dan akan dipakai di sana.

Banyaknya barang yang dibawa di dalam ransel bisa menghambat mobilisasi selama pendakian. Yang paling sering adalah membawa baju terlalu banyak, padahal yang cukup dibawa hanyalah satu stel pakaian tahan dingin. Wajar sih pasti pendaki pemula merasa cemas kalau bajunya basah atau kotor.

  • Membawa barang tidak penting dan meninggalkan barang yang justru penting

Kembali lagi ke pembahasan pendaki pemula, karena memang belum banyak pengalaman jadi belum banyak tahu mana benda yang penting mana yang tidak. Namun seharusnya mereka sudah memperhatikan apa yang telah diberi oleh tim pendaki profesional. Jadi sangat konyol sekali kalau masih saja membawa barang tidak penting dan meninggalkan barang yang justru penting.

Misalnya, tidak membawa headlamp. Meskipun benda ini kecil terkadang para pendaki pemula merasa bahwa pengungkapan ini adalah perlengkapan yang lebay. Padahal kita tidak tahu ketika di atas sana apa yang akan terjadi. Apakah akan tersesat atau apakah akan harus melewati medan ketika hari sudah gelap. Headlamp ini tentu akan membantu di saat seperti itu. Benda lain yang paling sering dilupakan juga adalah kantong plastik. Padahal kantong plastik solusinya adalah untuk membawa kembali sampah yang telah kamu hasilkan ketika di atas gunung.

  • Menggunakan teknik packing yang salah

Kebiasaan kita ketika melakukan packing adalah batalkan barang yang paling berat dan keras dibagian bawah baru kemudian barang-barang yang beratnya lebih ringan akan diletakkan di atasnya. Tentu ini akan berlaku jika kamu membawa barang dengan koper. Tujuannya adalah untuk melindungi Supaya barang tidak mudah rusak ketika terjatuh atau tergencet.

Namun, teknik packing yang benar ketika akan mendaki adalah dengan meletakkan barang yang paling ringan di bagian tas paling bawah. Baru kemudian diikuti dengan barang-barang yang cukup berat di atasnya. Mulailah dengan masakan pakaian, sleeping bag, lalu baru diikuti dengan peralatan masak, kotak P3K, dan juga jas hujan.

Tujuan teknik packing yang seperti ini adalah untuk menghindari cepatnya muncul rasa lelah menggendong ransel. Saat menanjak tentu tubuh akan sedikit condong ke depan. Oleh karena itu akan sangat melelahkan jika titik berat ransel ada di bagian paling bawah. Kesalahan teknik packing benar-benar harus dihindari ya.

  • Salah kostum

Kesalahan yang satu ini benar-benar sekali. Hanya karena ingin tampil gaya selama pendakian atau mungkin ingin terlihat hits saat melakukan foto atau selfie setelah sampai puncak, banyak yang mengabaikan keselamatan dengan menggunakan baju yang salah.

Kalau sampai terjadi seperti ini akan memalukan sekali sih dihadapan para tim pendaki profesional. Sering sekali terlihat para pendaki pemula yang menggunakan celana jeans saat mendaki. Semua itu sangat fatal karena celana jeans membuat langkah kaki kurang leluasa dan apabila kalau kehujanan maka akan sangat berat untuk melangkah.

Selain itu juga kalau memang celana jeans bahasa tentu akan sangat lama keringnya dan bisa menimbulkan kedinginan hingga hipotermia kalau tidak membawa celana ganti. Kalau kamu mengalami hal ini nanti, coba untuk tidak melanjutkan pendakian. Misalnya kamu sedang mendaki Gunung Batur dan merasa kurang sehat, jangan diteruskan. Langsung saja kembali ke kaki gunung dan cari hotel termurah di Bali untuk berisitirahat.

  • Mengira orang yang terkena hipotermia terkena kesurupan

Memang hal-hal ini kayak terjadi di atas gunung terlihat namun Jangan sampai salah kaprah mengartikannya. Yang paling sering adalah pendaki pemula salah mengira bahwa gejala hipotermia adalah gejala kesurupan.

Ini akan sangat fatal apabila orang yang terkena hipotermia mana ditangani dengan tindakan yang salah. Gejala awal hipotermia adalah berbicara melantur, tubuh pucat, dan menggigil. Jika ada teman sependakian kamu yang mengalami gejala tersebut, jangan pernah beri kopi panas karena justru akan membuatnya lebih cepat dehidrasi. Beri ia teh panas atau susu panas.

  • Memakai jaket tebal saat mendaki

Tidak salah jika mengira bahwa di atas gunung nanti suhu udara akan begitu dingin. Namun banyak yang salah langkah yaitu dengan memakai jaket yang tebal sepanjang perjalanan mendaki.

Jaket yang tebal akan membuat tubuh cepat berkeringat dan lelah, kalau tubuh sedang tidak fit kesalahan ini bisa jadi fatal. Gunakan saja jaket biasa terlebih dahulu demi membuat sirkulasi udara tubuh lebih lancar selama pendakian. Baru ketika sudah sampai di atas dan suhu sudah mulai sangat dingin menggunakan jaket yang tebal.

Setelah tahu kesalahan di atas, sudah pasti kamu harus menghindarinya kan. Nah, kalau kamu akan mendaki gunung dalam waktu dekat, ada baiknya untuk mencari harga tiket promo pesawat dari sekarang karena sedang banyak diskon akhir tahun. Selain itu, sekalian saja kamu juga cari hotel murah di Bali supaya bisa melanjutkan jalan-jalan ke pantai dan tengah kota seusai pendakian.

Sharing is caring!

Updated: January 9, 2018 — 9:09 am
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares