Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Cara Merawat Ac Supaya Tidak Cepat Rusak

Indonesia merupakan negara tropis, jadi memiliki suhu udara yang cukup panas. Apalagi ketika menjelang musim kemarau ditambah dengan adanya global warming yang semakin parah. Membuat suhu udara di indonesia meningkat. Terutama di kota-kota besar, banyaknya gedung tinggi, manusia yang semakin banyak, polusi dan lainnya membuat udara semakin panas. Oleh karena itu banyak rumah yang memilih untuk memasang ac (air conditioner). Dengan memakai ac udara busa lebih sejuk. Supaya ac di rumah anda tetap tahan lama dan tidak cepat rusak, anda harus bisa merawatnya dengan baik. Agar tidak sering memanggil tukang servise ac jakarta selatan. Berikut ini beberapa cara untuk merawat ac supaya tidak cepat rusak.

Memilih pk ac yang sesuai kebutuhan ruangan

Pk ini akan berhubungan dengan suhu dingin yang dikeluarkan, jika anda sudah menyetel ac tapi ruangan belum terasa dingin berarti anda telah memilih ukuran pk yang salah. Ada beberapa panduan memilih pk yang bisa anda gunakan. Dengan memilih ukuran pk yang tepat, akan membuat suhu dingin didalam ruangan pas.

  • 2 pk = 18000 btu/h, digunakan untuk ukuran ruangan 36 meter persegi
  • 1 ½ pk = 12000 btu/h, digunakan untuk ukuran ruangan 24 meter persegi
  • 1 pk = 9000 btu/h, digunakan untuk ukuran ruangan 18 meter persegi
  • ¾ pk = 7000 btu/h, digunakan untuk ukuran ruangan 14 meter persegi
  • ½ pk – 5000 btu/h, digunakan untuk ukuran ruangan 10 meter persegi.

Cara Merawat Ac Supaya Tidak Cepat Rusak

Jangan atur suhu remote ac dibawah 22 derajat

Kesalahan inilah yang sering dilupakan banyak orang, karena ingin mendapatkan suhu yang dingin mereka mengatur suhu sampai dibawah 22 derajat. Ini akan membuat anda harus sering memanggil service ac jakarta selatan. Jika anda mengatur suhu dibawah 22 derajat celcius, akan membuat compresor ac bekerja dengan keras. Jika tetap berada di suhu 22, kompresor akan lebih ringan bekerja sehingga tidak membuat cepat rusak. Apalagi dengan suhu di indonesia, yang suhu kamarnya tidak bisa mencapai 16 derajat. Untuk menyesuaikan suhu kamar, kompresor harus bekerja terus menerus sampai mencapai suhu 16 derajat. Oleh karena itu memilih pk yang benar sangat penting, supaya di suhu 22 suhu ruangan sudah dingin.

Bersihkan ac minimal 3 bulan sekali

Supaya ac tetap awet, anda harus membersihkan ac secara rutin. Minimal 3 bulan sekali. Setiap harinya kompresor dan fan ac akan bekerja terus menerus. Ini membuatnya debu juga banyak yang melekat pada fan. Jika tidak dibersihkan, kerja kompresor akan semakin keras. Oleh karena itu anda harus membersihkannya dari debu, kotoran dan lainnya. Tak hanya bagian kompresor saja yang harus dibersihkan. Tetapi juga bagian atas ac, dekat tembok dan lainnya. Minimal lakukan pembersihan 3 bulan sekali.

Jangan terlalu sering buka tutup ruangan

Jangan terlalu sering membuka dan menutup ruangan yang ber ac. Ketika pintu ruangan terbuka, maka ac akan bekerja keras untuk menstabilkan suhu dengan hawa panas yang masuk dari luar ruangan. Oleh karena itu kenapa ac harus diletakkan pada ruangan yang tertutup, supaya proses pendinginan lebih maksimal.

Dengan melakukan cara diatas,anda bisa membuat ac bisa lebih tahan lama. Tak perlu memanggil tukang service ac jakarta selatan terus menerus. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Sharing is caring!

Updated: May 30, 2017 — 11:01 am
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares