Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Cara Kerja Aki Basah Berdasarkan Pengisian dan Pengeluaran Arus

Cara Kerja Aki Basah Berdasarkan Pengisian dan Pengeluaran Arus

Secara sederhana, sebenarnya cara kerja aki basah itu ketika sedang discharge, maka terjadilah sebuah reaksi kimia yang bisa menghasilkan aliran listrik yang keluar dari baterai. Ketika dilakukan proses pengisian arus masuk ke dalam aki, hal ini bisa menimbulkan terjadinya proses reaksi kimia yang nantinya akan mengembalikan aki ke dalam kondisi semula.

Reaksi Kimia Aki ketika Proses Pengeluaran

Sederhananya adalah, aki itu tersusun atas larutan elektrolit, plat positif, kutub negatif. Sehingga,reaksi yang terjadi tersebut bermula ketika arus listrik mulai keluar, hal ini bisa membuat oksigen yang terdapat  dalam plat positif bisa terlepas. Dengan begitu, plat positifnya nanti menjadi Pb. Ketika larutan elektrolit mulai terurai, maka larutan elektrolit ini tersusun atas asam sulfat dan air. Asam sulfatnya nanti akan menempel dibagian terminal baterai negatif dan juga palt positif. Dengan begitu, ketika aki tetap dipakai, hal ini bisa membuat larutan dalam aki menjadi sebuah air lagi. Ketika itu terjadi, maka hal ini bisa membuat aki menjadi lemah. Akibatnya, aki menjadi tidak bisa mengeluarkan arus kembali. Bila kondisi aki ini sudah seperti itu, maka Anda harus melakukan langkah pengisian pada aki kendaraan Anda agar bisa bekerja dengan baik.

Reaksi Aki ketika Proses Pengisian Arus

Untuk cara kerja aki basah  berdasarkan proses pengisiannya ini dilakukan agar dapat mengembalikan kondisi aki menuju ke dalam posisi awal. Itu artinya, bagian ini nanti bisa mengembalikan asam sulfat yang telah menempel di dalam plat aki supaya bisa terlarut kembali ke dalam air. Selanjutnya, bisa mengikat oksigen dalam plat positifnya. Lebih tepatnya akan disampaikan reaksi dan cara kerjanya di bawah ini:

  1. Untuk reaksinya nanti dimulai ketika ada arus listrik yang berasal dari sumber listrik mulai disambungkan ke dalam plat aki, maka nantinya molekul air langsung terurai menjadi sebuah hydrogen dan oksigen.
  2. Sementara itu, ion asam sulfat yang terdapat dalam plat positif bisa beralih menuju ke plat negatif. Sedangkan, oksigen langsung melekat ke dalam plat positif aki yang membuat plat tersebut kembali lagi ke dalam H2SO.
  3. Prosesnya nanti akan berlanjut seperti itu sampai akhirnya akinya menjadi tekor. Jadi, sebenarnya aki tekor itu terjjadi saat kondisi elektrolit aki dalam posisi yang kurang sempurna. Yaitu, beratnya kurang. Dengan begitu, terjadilah reaksi kimia yang menunjukkan bahwa aki kendaraan sedang bermasalah.

Keunggulan NS Battery

Bagi pengguna kendaraan bermotor ataupun mobil bisa memakai produk dari NS battery. Karena di dalamnya memiliki garansi resmi yang pertama diberikan di Indonesia dengan jangka waktu yang cukup lama. Yaitu dari 12 bulan sampai dengan 18 bulan. Untuk proses pengajuan klaimnya juga sangat mudah, dan bisa dilakukan dimana saja, tanpa harus ribet.

Program NS Eco Care dari NS Battery

Pada dasarnya, limbah yang berasal dari cara kerja aki basah itu bila tidak ditangani dengan sangat baik bisa berakibat buruk untuk kesehatan dan kelangsungan lingungan. Hal ini dikarenakan didalam kandungan aki itu mengandung banyak jenis bahan yang berbahaya dan beracun. Yaitu, asam sulfat, timbal, arsenik, dan merkuri. Tak heran bila limbah dari aki besah itu sangat berbahaya sekali dan bila diolah secara sembarangan nanti bisa merusak lingkungan. Akibatnya, terjadinya kerusakan pada kesuburan tanah dan bisa membuat air yang ada di dalam menjadi terkena racun, sehingga bisa menimbulkan banyaknya penyakit kronis untuk manusia.

Hal ini yang kemudian membuat NS battery mulai meluncurkan sebuah program NS eco care. Dimana program tersebut bekerja sama terhadap lembaga pengolah limbah aki yang bekas dan telah bersertifikasi di Indonesia. Selain itu, NS battery sendiri juga telah berkomitmen dalam memastikan limbah dari aki bekas ini bisa diolah berdasarkan regulasi yang aman untuk kesehatan dan lingkungan.

Sekarang ini, program NS Eco Care itu sendiri ditujukan untuk bengkel dan toko yang menjual produk dari NS battery. Cukup dengan menukarkan aki basah yang bekas dari merk apa saja yang isinya air aki, maka pihak bengkel dan toko nanti akan mendapat diskon dalam pembelian produk dari NS battery untuk pembelian selanjutnya. Karena itulah, tak heran bila program ini berhasil sukses saat diluncurkan di bulan April 2018 yang lalu di area Jabodetabek.

Produk NS Battery Honda HRV

Pemilik Honda HRV bisa menggunakan produk NS Battery, dengan tipe NS CHEETAH. Sehingga, cara kerja aki basah mobil Anda bisa lebih maksimal. Untuk harga jualnya sendiri mencapai 974 ribuan rupiah. Itupun ada garansinya selama 18 bulan, dengan tipe produk GCHB24LS. Sedangkan, untuk seri produk yang lain, bernama NS JAGUAR. Produk ini dijual senilai 904 ribuan rupiah dengan garansi selama 12 bulan, dari tipe GJGB24LN.

Sharing is caring!

Updated: August 16, 2018 — 3:02 am
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares