Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

Asuransi Jiwa

Asuransi JiwaApakah Anda sudah mengetahui apa itu asuransi jiwa? Asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perjanjian antara Anda sebagai pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang mana perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah nominal uang jika terjadi risiko kematian terhadap pemegang polis asuransi. Sebagai pihak tertanggung, Anda diharuskan untuk membayar sejumlah premi yang kelak bermanfaat untuk memberikan penggantian atas risiko kematian Anda tersebut.

Secara singkat, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung seseorang dan atau kelompok (khususnya keluarga) terhadap kerugian finansial yang tidak terduga yang menyebabkan tertanggung tersebut meninggal dunia, cacat tetap total, dan sudah tidak produktif lagi sehingga mengakibatkan hilangnya penghasilan.

Mengapa Perlu Membeli Asuransi Jiwa ?

  • Sebagai perlindungan terhadap kehilangan penghasilan bagi keluarga
  • Sebagai perlindungan atas risiko meninggal dunia akibat penyakit-penyakit penyebab utama kematian
  • Salah satu cara menabung atau sebagai persiapan pensiun

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Terdapat setidaknya 4 jenis produk asuransi jiwa yang tentunya memiliki manfaat berbeda-beda. Jenis asuransi jiwa ini bertujuan untuk melayani berbagai macam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat. Berikut jenis-jenis asuransi jiwa :

  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa berjangka memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan kepada pihak tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja. Asuransi ini biasanya menawarkan kontrak dengan jangka waktu beragam, mulai dari 5, 10, dan 20 tahun. Asuransi ini juga memiliki harga premi yang tetap dan terhitung murah.

Asuransi jiwa ini cocok untuk Anda yang mengutamakan masa depan keluarga Anda terutama dalam hal pendidikan anak. Asuransi ini cocok untuk Anda yang memiliki kebutuhan akan biaya asuransi yang besar namun memiliki kemampuan uang yang terbatas.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup (whole life)

Asuransi jiwa jenis seumur hidup ini akan memberikan perlindungan seumur hidup, meski biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat perlindungan hingga usia 100 tahun. Asuransi jiwa ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki tanggungan dan menginginkan manfaat yang lebih besar lebih dari sekedar santunan kematian. Asuransi ini juga cocok untuk Anda yang tertarik dengan ide tabungan jangka panjang. Sehingga jika Anda menginginkan perlindungan jiwa sekaligus tabungan untuk kebutuhan darurat seperti membayar tagihan rumah sakit, Anda bisa memilih asuransi jenis ini.

  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Asuransi dwiguna merupakan asuransi yang memiliki dua fungsi, yakni berfungsi sebagai asuransi jiwa berjangka dan fungsi sebagai tabungan. Dalam fungsinya sebagai tabungan, maka Anda bisa menarik polis asuransi tersebut jika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak. Hal ini bisa Anda lakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian kepada perusahaan asuransi. Anda juga bisa mendapatkan uang tunai seperti asuransi whole life namun dengan presentasi yang lebih tinggi sekitar 4% dari total premi yang Anda bayar.

  • Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa unit link juga merupakan asuransi yang memiliki dua fungsi yakni, berfungsi sebagai proteksi dan sebagai investasi. Asuransi Jiwa unit link biasanya lebih mahal dibandingkan dengan asuransi jiwa lainnya, namun memiliki kelebihan yang lebih maksimal proteksinya. Hal ini ditambah dengan fungsi investasi yang cukup menjanjikan sehingga dapat memberikan Anda keuntungan yang lebih besar.

Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

  1. Pastikan Penjual Produk Asuransi adalah Agensi Berlisensi AAJI

Dalam memilih agen asuransi yang tepat, pastikan agen asuransi yang Anda tuju sudah tergabung ke dalam anggota AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Hal ini dilakukan untuk memastikan agen asuransi tersebut akan bertanggung jawab atas perjanjian yang sudah dibuat dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya,. Tanyakanlah kepemilikan sertifikat AAJI pada agen asuransi tersebut, pastikan mereka memiliki sertifikat itu baik bersifat sementara ataupun telah berlisensi penuh.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Sama seperti ketika Anda ingin membeli barang pada umumnya, mengenal dan memastikan produk tersebut seperti apa adalah hal utama yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Beberapa perusahaan asuransi biasanya akan menawarkan kepada Anda lebih dari satu produk, oleh karena itu pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan juga tujuan keuangan Anda.

  1. Layanan Perusahaan Asuransi

Pilihlah asuransi dari perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan ekstra seperti memiliki layanan pelanggan 24 jam dalam satu minggu. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda di waktu yang akan datang ketika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi jiwa kapan pun. Ketahui pula bagaimana prosedur klaim yang digunakan, mulai dari persyaratan sampai dengan berapa lama klaim Anda akan dibayar nantinya. Sehingga Nada tidak akan menghadapi kesulitan dan merepotkan diri Anda sendiri.

  1. Bandingkan Produk dengan Asuransi lainnya

Hal terakhir satu ini sangat penting dilakukan untuk Anda yang ingin memilih asuransi. Tidak perlu terburu-buru, Anda bisa meminta beberapa perusahaan asuransi untuk membuatkan ilustrasi dan mulailah mempelajari setiap produk yang ditawarkan. Jika sudah mendapatkan informasi serta pemahamannya, Anda bisa memilih mana produk asuransi terbaik dan juga sesuai dengan kantong Anda.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai asuransi jiwa. Banyak hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih asuransi terbaik. Pastikan Anda sudah mempertimbangkan dengan cermat dan jangan malu dengan apa yang tidak Anda mengerti.

Sharing is caring!

Updated: July 3, 2017 — 6:26 pm
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares