Awmorrowgel.org

Berbagi informasi untuk dunia penuh harapan tentang kesehatan, parenting, traveling, property, gadget dan lifestyle

3 Alasan Sandal Gunung Cocok Dibawa Hiking ke Gunung Batu Joggol

Sandal Gunung Cocok Dibawa HikingGunung merupakan salah satu destinasi yang tidak pernah sepi peminta. Baik pengunjung yang benar-benar pendaki sejati dan memiliki impian menaklukkan berbagai puncak gunung, maupun sekadar pengisi waktu liburan. Daripada sepatu, beberapa orang memilih sandal gunung saat pergi ke Gunung Batu Joggol. Apa alasannya? Simak dalam penjelasan berikut.

  1. Track yang Ekstrim

Alasan pertama adalah track yang terbilang cukup ekstrim. Bahkan orang yang sudah beberapa kali mendaki gunung pun tidak menjamin mampu melaluinya dengan mudah. Padahal, jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya yang rata-rata memiliki ketinggian di atas 1.000 meter, Batu Jonggol ini termasuk gunung yang imut.

Tapi, untuk kategori keeskstrimannya, gunung ini bisa mengalahkan gunung-gunung besar seperti Salak (2.000 meter) dan Galunggung (2.167 meter). Batu Joggol terletak di 875 mdpl, tepatnya di Desa Sukaharga, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Sebenarnya, Joggol sudah menjadi kecamatan tersendiri, tapi nama yang melekat pada gunung ini tidak berubah.

Sandal merupakan perlengkapan paling tepat untuk dibawa mendaki atau hiking ke Gunung Batu Joggol. Bantalannya yang empuk membuat Anda nyaman melewati berbagai track yang tidak bisa dibilang mudah.

  1. Fisik Kuat Tidak Cukup

Sekeras apapun Anda melakukan latihan fisik menjelang pendakian, fisik kuat jelas tidak cukup untuk menaklukkan Batu Joggol. Tidak sedikit pendaki yang terpeleset dan hampir jatuh karena wilayahnya yang cukup terjal. Anda perlu memiliki keterampilan ekstra untuk mampu mencapai puncaknya yang menanjak.

Apalagi dengan kemiringannya yang sudah melebihi 45 derajat. Bahkan, ada beberapa jalan yang sempit dan jika tidak memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan, bisa terpeleset. Kemungkinan terkena longsoran batu juga cukup besar, terutama jika pendaki yang berjalan di depan Anda mengambil langkah yang salah.

Meski ada beberapa tali yang bisa dijadikan pegangan, Anda juga harus bisa bergerak cepat. Nah, sandal jelas jauh lebih efektif daripada sepatu gunung. Tapi, ada juga beberapa gunung yang masih jarang pengunjungnya, lebih baik memakai sepatu daripada sandal. Karena, kaki yang tertutup sempurna menghindarkan Anda dari serangan serangga atau hewan melata.

  1. Praktis dan Ringan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa sandal khusus untuk mendaki gunung membuat pergerakan Anda semakin mudah, maka begitupula saat mendaki Batu Joggol. Selain itu, pengikat talinya membuat Anda mudah untuk memasang dan melepasnya saat dibutuhkan, misalnya saat ingin wudhu atau istirahat di area camping ground.

Kemudian, sandal juga lebih ringan daripada sepatu gunung. Tapi, ringan bukan berarti mudah rusak, bahkan kekuatannya mirip sarang laba-laba jika dibuat daris erat sintetis yang mengikuti tekstur kaki pemakainya. Salah satu merek terfavorit untuk sandal dan sepatu khusus outdoor seperti Batu Joggol ini bisa Anda peroleh dengan mudah di Eiger Adventure.

Sharing is caring!

Updated: April 13, 2018 — 2:45 pm
Awmorrowgel.org © 2016 Frontier Theme
shares